Sunday, December 14, 2008

TIPS MEMBUAT WEDANG TEH (TEA) DAN KOPI (COFFEE)


Saya ingin memberitahu sahabat (yg belum tahu) bahwa kandungan kafein dalam teh lebih besar daripada kopi. Kalau tidak percaya searching saja di mbah google. Dan jangan terlalu sering minum teh atau kopi karena kafein itu sifatnya membuat orang kecanduan dan kurang baik untuk kesehatan jika berlebihan.

Saya ingin mengajak sahabat untuk berbicara suatu yang efiesin dan efektif dalam membuat teh dan kopi. Efisien dalam artian sahabat dengan sedikit bubuk kopi atau teh menjadi minuman yang nikmat. Efektif dalam artian sahabat dapat mengambil sari pati teh dan kopi secara maksimal atau tidak mubadzir.

Mungkin sahabat sudah tahu tips ini, jika sudah tahu tips ini, sahabat bisa belajar kimia-nya (alasannya). Ayo sahabat belajar kimia lagi yuk..Yuuuuk..
Tipsnya sebagai berikut:

1. Siapkan cangkir atau gelas yang berwarna putih atau porselin di dalamnya karena putih memantulkan panas, sebaliknya warna gelap akan menyerap panas. Sehingga nantinya air panas akan efektif dan efisien dalam melarutkan bubuk kopi atau teh.
2. Siapkan air yang mendidih, bubuk kopi/teh dan gula.
3. Ambil bubuk kopinya secukupnya ke dalam cangkir porselin.
4. Tuangkan air panas ke dalam cangkir porselin yang sudah ada bubuk kopi atau tehnya. (ingat tahap penambahan gula belum).
5. Aduklah sebentar dan tutup gelas. Biarkan beberapa saat, beri kesempatan air panas itu untuk melarutkan si bubuk kopi atau tehnya.
6. Jika sudah (sesuai selera) tambahkan gula secukupnya atau sesuai selera.
7. Jadi dech…Siap menikmati..

Inti dari tips ini adalah penambahan gula “diakhirkan” bukan ditambahkan secara bersamaan dengan bubuk kopi. Bagian ini yang paling penting dalam pembahasan ini yaitu mengapa penambahan gula “diakhirkan”..Saatnya belajar KIMIA :) . Begini alasannya, ini merupakan sifat koligatif larutan. Jika larutan atau air ditambahkan suatu zat maka titik didihnya akan mengalami penurunan titik didih. Donk gak ya? :) . Contohnya gini, misal air mendidih suhunya 100 derajat celcius, jika ditambahkan gula (atau zat lain) maka suhu titik didihnya kurang dari 100 derajat celcius. Kalau gak percaya coba aja di dapur :). Kasus ini biasanya diterapkan dalam membuat kopi atau teh tersebut. Jika gula dicampurkan dalam kopi/teh secara bersamaan maka panas dari air itu akan menurun alhasil sari kopi/teh-nya gak begitu maksimal.

Sifat koligatif lainnya, salah satunya adalah penurunan titik beku (kebalikan dari yang di atas). Kasus ini diterapkan sama pak penjual es keliling. Supaya es tetap dingin dan tidak mencair maka termosnya atau wadahnya diberi es batu ditambah garam, mengapa gak gula? cos gula lebih mahal dari pada garam..hehehe. Bagian ini hanya untuk menambah pengetahuan saja.. :D
Moga bermanfaat..Amin..amin..amin.. (Aby)

17 komentar:

  1. iya sih mas.... tapi sering gelasnya pecah kepanasan kalo gak di kasih gula duluan.... karena pengetahuan dikit itu dulu... waktu smp sering di marahin mboke, gelas sering pecah he,,he,,,

    makanya setiap bikin kopi/teh pasti disuruh kasih gula duluan.. (benernya yg salah mbokke ya.. kenapa gak beli gelas yang bagus dan tahan panas 100 de3rajat ya he,,he,,, he,,,)

    Just kidding

    ReplyDelete
  2. @ sang pejuang : wah repot kalau masalah gelas yang kaca..memang bagus yang porselin, gelas porselin juga ada yang murah..biasanya dipakai minum mbah2 jaman dulu..hehehe..

    ReplyDelete
  3. Sebagai pencinta teh dan kopi saya ucapkan terima kasih neh utk tips-nya, soalnya saya selalu memasukkan gula secara bersamaan dengan kopi

    ReplyDelete
  4. makasih atas masukanya. sangat bermanfaat lho. besok langsung gw terapin nih,he..he..

    ReplyDelete
  5. Gimana kalo wedang alpukat...saya paling suka....
    Ada tips nya juga ga??

    ReplyDelete
  6. btw, wedang tuh bahasa mana ya? Gak ngerti saya, hehehehe.... :D


    salam kenal brur...

    ReplyDelete
  7. hehehe...saya nggak pernah mecahin gelas tuh. (hehe...soalnya gak pernah bikin teh ato kopi...)

    ReplyDelete
  8. Biar gak pecah kalo taruh gulanya belakangan, taruh sendok dalam gelas sebelum air panas dituang..

    ReplyDelete
  9. kalo aku sehari bisa 3 gelas minum teh, pagi dan sore manis, siang tawar. menurut km kebanyakan ga? takut ngefek jelek ke badan euy...

    ReplyDelete
  10. @ Bunda Evie: ok sama2 Bunda..:)

    @ Gadis Rantau: silahkan.. :)

    @ Mampir Ngombe: waduh belum ada tuch..hehe

    @ Sliker: wedang itu apa ya minuman yg identik dengan minuman yang hangat/panas

    @ Gus: huih gak nyambung :)

    @ Dan's: klo sendoknya plastik atau kayu ya sama saja dong ...hehehe

    @ unksenna: wah itu kebanyakan.satu kebanyakan gula and kebanyakan kafein..hehe.. klo gula kena diabetes..untuk mengimbanginya minum air outih juga and minum yang banyak.. :)

    ReplyDelete
  11. KOPI DUA MAS, GAK PAKE GELAS, PAKE DAUN AJA. xixixix

    ReplyDelete
  12. wah tipsnya bagus, acy baru tahu kalo teh jg mengandung kafein :)

    ReplyDelete
  13. @ Else: gak jualan kopi koq ...

    @ acy: yup begitulah masak begitudonk ... :)

    ReplyDelete
  14. baru tau niy... kalo gitu aku ganti gelas yg warna putih deeeh.

    ReplyDelete
  15. bener gak sih minum kopi dingin katanya bisa bikin awet muda dan wajah jadi cerah wkaakakaka aku sendiri sih gak percaya :-)

    ReplyDelete